Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian sayuran organik di pasar moder dan
menganalisis pengaruh dari setiap faktor terhadap keputusan pembelian konsumen.
Data penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan penyebaran
kuesioner/angket kepada responden penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 30
responden yang merupakan konsumen akhir sayur organik. Pada penelitian ini
teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan teknik
analisis data menggunakan Skala Likert dan Analisis Univariat menggunakan Uji
Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian. Faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian sayur organik di Irian Supermarket terdiri dari variabel Faktor
Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Psikologis (X3) dan Faktor Pribadi (X4).
Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data faktor budaya, faktor sosial, faktor
psikologis dan faktor pribadi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian
sayur organik signifikan dengan nilai p value variabel faktor budaya yaitu 0,000 <
0,05, faktor sosial 0,000 < 0,05, faktor psikologis 0,002 < 0,05 dan faktor pribadi
0,000 < 0,05.