| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan media sosial instagram yang
semakin banyak digunakan para remaja sebagai media untuk berinteraksi dan
sekaligus menampilkan citra diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh interaksi di media sosial instagram terhadap pembentukan citra diri pada
mahasiswi UIN Sumut. Secara garis besar teori yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu teori tentang interaksi sosial di media sosial, citra diri dan teori dramaturgi.
Penelitian ini terbatas hanya meneliti mahasiswa berjenis kelamin perempuan, yaitu
mahasiswi UIN Sumut Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam semester VI, karena
penulis berasumsi bahwasanya mahasiswi umumnya lebih memperhatikan dan
menjaga penampilan dirinya di media sosial instagram. Pengumpulan data
dilakukan menggunakan angket, tinjauan literatur/kepustakaan, artikel di jurnal
ilmiah dan dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 709 orang mahasiswi. Sampel
sebanyak 92 orang mahasiswi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode korelasional memakai rumus korelasi produk moment. Hasil
perhitungan menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.9095 yang berarti
terdapat pengaruh yang signifikan interaksi di media sosial instagram terhadap
pembentukan citra diri pada mahasiswi UIN Sumut. Hasil uji determinasi
menunjukkan 82.7% pembentukan citra diri mahasiswi dapat dijelaskan oleh
interaksi mereka di instagram, sisanya 17.3% dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya. |
en_US |