| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah Sistem Informasi
Manajemen (SIM) berbasis web yang dapat meningkatkan efektivitas pembinaan UMKM.
Sistem ini menerapkan metode. Value Chain Analysis (VCA) yang difokuskan secara
spesifik pada analisis aktivitas rantai nilai pemasaran, strategi harga, efektivitas kanal
promosi, dan proses penjualan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah
model Prototype, yang memungkinkan adanya evaluasi berulang dari pengguna untuk
memastikan sistem yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM. Analisis data
dalam sistem ini didukung oleh tiga model matematika utama: Return on Marketing
Investment (ROMI) untuk mengukur profitabilitas promosi, Customer Acquisition Cost
(CAC) untuk mengukur biaya perolehan pelanggan baru, dan Value-to-Cost Ratio (VCR)
untuk mengukur efisiensi biaya pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem
yang dibangun mampu memberikan analisis kuantitatif yang konkret terhadap kinerja
pemasaran UMKM. Studi kasus pada tiga UMKM menunjukkan hasil yang bervariasi:
UMKM IndoRoti (ROMI 77,5%) dan Ibu Suriyani (ROMI 30%) menunjukkan strategi
pemasaran yang menguntungkan, sedangkan Ziza Kitchen (ROMI -16,6%) menunjukkan
perlunya evaluasi ulang strategi promosi. Dengan demikian, sistem ini terbukti dapat
menjadi alat bantu yang efektif bagi pelaku UMKM. |
en_US |