Abstract:
Penelitian ini berfokus pada Klasifikasi Customer Internal dalam Mengetahui
Tingkat Kepuasan Pelanggan pada PT. Education Nusantara Connect dengan
Menggunakan Metode XGBoost yang bertujuan untuk Mengklasifikasikan
pelanggan internal berdasarkan tingkat kepuasan mereka menggunakan metode
XGBoost. Mengetahui tingkat akurasi model klasifikasi yang dihasilkan oleh
metode XGBoost dalam memprediksi tingkat kepuasan pelanggan. penelitian ini
menggunakan metode Kuantitatif, menggunakan pendekatan machine learning
untuk klasifikasi. hasil dari penelitian ini Diharapkan menghasilkan nilai akurasi
yang baik dalam klasifikasi customer internal pada PT. Education Nusantara
Connect menggunakan metode XGBoost, disertai dengan tampilan website
berbasis desktop sebagai hasil akhir. Secara lebih luas, penelitian ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang
analisis data dan kepuasan pelanggan, khususnya dalam penggunaan metode
XGBoost. Secara keseluruhan, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya
klasifikasi customer internal menggunakan metode machine learning canggih
seperti XGBoost untuk mendapatkan pemahaman yang akurat tentang kepuasan
pelanggan, yang krusial bagi pengambilan keputusan strategis dan peningkatan
layanan di PT. Education Nusantara Connect.