Abstract:
Wiwik Rahayu. 1501270004. Analisis Sistem Marketing Syariah dalam
Pengembangan Usaha Nasabah pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Dosen
Pembimbing Dody Firman, S.E., MM
Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk
Apakah sistem marketing syariah PT. BPRS Al-Washliyah sudah efektif dalam
mengembangkan usaha nasabah. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimanakah sistem marketing
syariah selama ini yang digunakan di PT. BPRS Al-Washliyah dalam
mengembangkan usaha nasabah. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah
penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah data yang berbentuk kata-kata
atau yang berwujud pernyataan-pernyataan verbal dalam bentuk angka.
Penelitian kualitatif ini bersifat deskriftif analisis.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah Sistem marketing syariah yang
diterapkan pada PT. BPRS Al Washliyah Medan bertujuan untuk
mengembangkan usaha nasabah. PT. BPRS Al Washliyah Medan dijalankan
sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan sesuai dengan
Syariah Islam. Sistem marketing syariah yang diterapkan pada PT. BPRS Al
Washliyah Medan bertujuan untuk mengembangkan usaha nasabah. Setelah
banyak nasabah yang mengenal dan mengikuti sistem marketing syariah pada PT.
BPRS Al-Washliyah Medan usaha nasabah banyak yang mengalami
perkembangan dalam usaha, tetapi perkembangan usaha nasabah yang terdapat
pada BPRS Al-Washliyah masih sangat minim. Hal ini dikarenakan kurangnya
informasi masyarakat mengenai letak lokasi perusahaan tersebut. Kendala- kendala yang dihadapi BPRS Al-Washliyah Medan yaitu: Persaingan antar bank
yang sangat ketat, Pengetahuan karyawan yang masih kurang dengan materi- materi yang ada pada perbankan syariah, Tidak adanya kantor cabang pembantu.