Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi transaksional Barnlund
dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMA Harapan 1 Medan.
Fenomena rendahnya konsentrasi belajar siswa menjadi permasalahan penting
dalam dunia pendidikan, khususnya di tingkat sekolah menengah. Komunikasi
transaksional Barnlund digunakan sebagai kerangka teori untuk melihat interaksi
dinamis antara guru dan siswa yang berlangsung dua arah dan simultan. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi
transaksional Barnlund dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat
pemahaman materi, serta mendorong terciptanya iklim belajar yang lebih interaktif.
Meskipun demikian, masih terdapat hambatan berupa kurangnya motivasi sebagian
siswa, keterbatasan sarana pendukung, dan gaya komunikasi guru yang belum
sepenuhnya adaptif terhadap karakteristik siswa. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa komunikasi transaksional memiliki peran penting dalam
meningkatkan konsentrasi belajar, sehingga disarankan agar guru lebih
mengoptimalkan penerapan prinsip komunikasi ini dalam kegiatan pembelajaran.