Abstract:
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Disdukcapil Kabupaten Serdang
Bedagai dalam Program PAK CEPAT YANLING (Paket Cetak di Tempat
Pelayanan Keliling). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai dalam melayani perekaman dan
pencetakan e-KTP bagi pelajar SMA/sederajat pada program PAK CEPAT
YANLING. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta
dokumentasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak Disdukcapil
yaitu sekretaris, petugas lapangan, dan pelajar yang menjadi target sasaran program.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Disdukcapil
dalam program PAK CEPAT YANLING menggunakan strategi penetapan
komunikator dengan berdasarkan pengalaman dan kemampuan komunikasi yang
kredibel. Strategi dalam penetapan target sasaran dengan menentukan sasaran yang
spesifik, terutama pelajar SMA/Sederajat. Strategi dalam penetapan pesan dengan
menyusun pesan yang kolaboratif dan edukatif. Pemilihan media yang menjadi
sumber utama informasi sasaran anak SMA yaitu media sosial Instagram. Program
PAK CEPAT YANLING sangat dimanfaatkan dan dibutuhkan oleh pelajar maupun
masyarakat.