dc.description.abstract |
Manajemen komunikasi dalam menghadapi perederan sabun Pyary palsu di e
commerce memerlukan pendekatan yang efektif. Tantangan utama yang dihadapi
adalah banyaknya produk tiruan yang merugikan konsumen serta menurunkan
kepercayaan terhadap merek. Oleh karena itu, manajemen komunikasi yang
responsif, transparan, serta berbasis edukasi konsumen sangat penting untuk
menjaga reputasi perusahaan dan meningkatkan kepercayaan publik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen komunikasi yang
diterapkan oleh PT. Sanobar Gunajaya dalam menghadapi peredaran produk
sabun Pyary palsu di platform e-commerce. Jenis penelitian adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan yaitu wawancara dan teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Narasumber dalam penelitian ini adalah Manajer Perusahaan, Pihak E-commerce
dan Konsumen PT. Sanobar Gunajaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
manajemen komunikasi PT. Sanobar Gunajaya dalam menangani peredaran sabun
Pyrary palsu di e-commerce telah dilakukan dengan baik melalui klarifikasi
publik, pembuatan konten edukatif serta kerja sama dengan platfrom e-commerce
dan pihak berwenang. Manajemen komunikasi yang diterapkan bersifat interaktif
dengan membuka layanan hotline, ssi tanya jawab di media sosial serta publikasi
hasil uji laboratorium dan legalitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen.
Media komunikasi digital menjadi faktor penting yang membuat konsumen lebih
mudah mengenali perbedaan produk asli dan palsu, sehingga strategi ini mampu
memperkuat reputasi merek dan mempertahankan loyalitas konsumen. |
en_US |