Research Repository

MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM MENANGANI PEREDARAN SABUN PYARY PALSU PT. SANOBAR GUNAJAYA DI E-COMMERCE

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-10-08T05:06:57Z
dc.date.available 2025-10-08T05:06:57Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28923
dc.description.abstract Manajemen komunikasi dalam menghadapi perederan sabun Pyary palsu di e commerce memerlukan pendekatan yang efektif. Tantangan utama yang dihadapi adalah banyaknya produk tiruan yang merugikan konsumen serta menurunkan kepercayaan terhadap merek. Oleh karena itu, manajemen komunikasi yang responsif, transparan, serta berbasis edukasi konsumen sangat penting untuk menjaga reputasi perusahaan dan meningkatkan kepercayaan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen komunikasi yang diterapkan oleh PT. Sanobar Gunajaya dalam menghadapi peredaran produk sabun Pyary palsu di platform e-commerce. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan yaitu wawancara dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini adalah Manajer Perusahaan, Pihak E-commerce dan Konsumen PT. Sanobar Gunajaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi PT. Sanobar Gunajaya dalam menangani peredaran sabun Pyrary palsu di e-commerce telah dilakukan dengan baik melalui klarifikasi publik, pembuatan konten edukatif serta kerja sama dengan platfrom e-commerce dan pihak berwenang. Manajemen komunikasi yang diterapkan bersifat interaktif dengan membuka layanan hotline, ssi tanya jawab di media sosial serta publikasi hasil uji laboratorium dan legalitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen. Media komunikasi digital menjadi faktor penting yang membuat konsumen lebih mudah mengenali perbedaan produk asli dan palsu, sehingga strategi ini mampu memperkuat reputasi merek dan mempertahankan loyalitas konsumen. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Manajemen Komunikasi en_US
dc.subject Produk Palsu en_US
dc.subject E-Commerce en_US
dc.title MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM MENANGANI PEREDARAN SABUN PYARY PALSU PT. SANOBAR GUNAJAYA DI E-COMMERCE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account