| dc.description.abstract |
Pendahuluan: pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam membentuk
profesionalisme di bidang kedokteran, karena karakter yang baik menjadi
landasan bagi tindakan dan keputusan medis. FK UMSU mengimplementasikan
Program Insan Mulia untuk menghasilkan dokter yang tidak hanya kompeten,
tetapi juga berkarakter Islami. Melalui pembiasaan diri terhadap nilai-nilai
keislaman, mahasiswa diharapkan dapat menginternalisasi kebiasaan positif di
kalangan mahasiswa. Kolaborasi antara institusi pendidikan, pengajar, dan
komunitas sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung
implementasi nilai-nilai Islami secara optimal. Tujuan: untuk menganalisis
pengembangan karakter Islami melalui Program Insan Mulia setiap semester pada
angkatan 2021 di FK UMSU Metode: penelitian ini menggunakan metode
penelitian gabungan (mixed methods) antara metode penelitian kuantitatif dan
kualitatif. Metode pengambilan sampel kuantitatif menggunakan simple random
sampling dengan jumlah sampel 81. Metode pengambilan sampel kualitatif
menggunakan purposive sampling dengan jumlah 7 orang. Hasil: pada hasil
penelitian kuantitatif, berdasarkan hasil uji Friedman, didapatkan nilai p sebesar
0.011. Pada uji Friedman, bermakna jika nilai p < 0.05, maka terdapat perbedaan
nilai attitude yang signifikan antar semester. Hasil wawancara dengan subjek
menunjukkan bahwa mahasiswa memahami pengetahuan tentang Program Insan
Mulia, mahasiswa memahami tentang peran dan integrasi nilai Islam dalam
akademik. Adanya peran dosen dalam penerapan Program Insan Mulia dalam
membimbing mahasiswa untuk mengembangkan karakter Islami. Terdapat
implementasi Program Insan Mulia melalui persepsi mahasiswa terhadap 9 golden
habits, portofolio/attitude, dan peran lingkungan kampus. Selain itu, mahasiswa
juga mengungkapkan adanya hambatan yang dirasakan mahasiswa dalam
menerapkan nilai-nilai Islami. Serta, adanya pengaruh dari Program Insan Mulia
setelah lulus kuliah. Kesimpulan: Program Insan Mulia di FK UMSU memiliki
dampak positif terhadap pengembangan karakter Islami mahasiswa. Peningkatan
yang signifikan dalam skor karakter Islami dan tanggapan positif dari mahasiswa
vii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menunjukkan bahwa program ini efektif dalam membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. |
en_US |