Research Repository

ANALISIS SENTIMEN UJARAN KEBENCIAN PADA DRIVER GOJEK MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DI PLATFORM FACEBOOK

Show simple item record

dc.contributor.author Ananda, Nazwa Putri
dc.date.accessioned 2025-10-03T10:10:07Z
dc.date.available 2025-10-03T10:10:07Z
dc.date.issued 2025-07-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28816
dc.description.abstract Media sosial saat ini menjadi tempat banyak orang menyampaikan pendapat secara bebas, termasuk komentar negatif yang kadang mengarah pada ujaran kebencian. Salah satu pihak yang sering menjadi sasaran ujaran kebencian adalah driver Gojek. Penelitian ini dilakukan untuk mengelompokkan komentar pengguna Facebook menjadi dua kategori sentimen, yaitu positif dan negatif, dengan fokus utama pada komentar negatif. Data yang digunakan diperoleh dari komentar pada beberapa postingan publik di platform Facebook menggunakan bantuan tools scraping APIFY. Setelah data terkumpul, dilakukan proses preprocessing data, yaitu case folding, pembersihan data (cleaning), tokenisasi, normalisasi, penghapusan stopword, dan stemming. Selanjutnya, data diubah ke bentuk numerik menggunakan CountVectorizer. Algoritma klasifikasi yang digunakan adalah Naive Bayes dengan model MultinomialNB karena data yang digunakan berbentuk frekuensi kata. Hasil evaluasi model menunjukkan bahwa algoritma ini mampu mengklasifikasikan komentar negatif dengan cukup baik, terutama dalam mengenali pola kata yang sering muncul dalam ujaran kebencian terhadap driver Gojek. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Sentimen en_US
dc.subject Ujaran Kebencian en_US
dc.subject Faacebook en_US
dc.subject Driver Gojek en_US
dc.subject Naïve Bayes en_US
dc.title ANALISIS SENTIMEN UJARAN KEBENCIAN PADA DRIVER GOJEK MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DI PLATFORM FACEBOOK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account