Research Repository

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA KBIHU AL-ALAWY KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author WAN SYAKILLAH, ALVINA KUSUMA ANWAR
dc.date.accessioned 2025-10-02T03:53:50Z
dc.date.available 2025-10-02T03:53:50Z
dc.date.issued 2025-08-16
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28744
dc.description.abstract Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia dan menjadi pengirim jamaah haji terbanyak setiap tahunnya. Ibadah haji, sebagai salah satu rukun Islam, merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang memenuhi syarat kemampuan sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Haji merupakan kegiatan ibadah yang memerlukan penanganan dan strategi khusus dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) berperan dalam peningkatan kualitas layanan terhadap jamaah haji dan umroh di KBIHU Al-Alawy Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, serta dokumentasi dari kegiatan layanan. Berdasarkan hasil penelitain analisis terhadap sistem pelayanan jamaah Haji dan Umrah di KBIHU Al-Alawy Kota Medan, dapat disimpulkan bahwa layanan yang diberikan tergolong baik dan tertata rapi. KBIHU Al-Alawy menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam menyelenggarakan pelayanan sesuai kebutuhan jamaah, dengan mengacu pada prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM). Lembaga ini berupaya secara maksimal menjaga mutu layanan dengan memperhatikan berbagai elemen penting dalam proses pelayanan. Penerapan Total Quality Management (TQM) ditujukan untuk menciptakan layanan yang tidak hanya sesuai harapan jamaah, tetapi juga berupaya melampaui ekspektasi mereka. Hal ini tercermin dari keseriusan lembaga dalam merancang sistem pelayanan yang terukur dan berorientasi penuh pada kepuasan jamaah. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Total Quality Management (TQM) en_US
dc.subject Hajj and Umrah Services en_US
dc.subject KBIHU AL-Alway en_US
dc.title PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA KBIHU AL-ALAWY KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account