dc.description.abstract |
Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di
dunia dan menjadi pengirim jamaah haji terbanyak setiap tahunnya. Ibadah haji,
sebagai salah satu rukun Islam, merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang
memenuhi syarat kemampuan sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Haji
merupakan kegiatan ibadah yang memerlukan penanganan dan strategi khusus
dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui secara mendalam bagaimana penerapan prinsip-prinsip Total Quality
Management (TQM) berperan dalam peningkatan kualitas layanan terhadap
jamaah haji dan umroh di KBIHU Al-Alawy Kota Medan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, serta
dokumentasi dari kegiatan layanan. Berdasarkan hasil penelitain analisis terhadap
sistem pelayanan jamaah Haji dan Umrah di KBIHU Al-Alawy Kota Medan, dapat
disimpulkan bahwa layanan yang diberikan tergolong baik dan tertata rapi.
KBIHU Al-Alawy menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam menyelenggarakan
pelayanan sesuai kebutuhan jamaah, dengan mengacu pada prinsip-prinsip Total
Quality Management (TQM). Lembaga ini berupaya secara maksimal menjaga
mutu layanan dengan memperhatikan berbagai elemen penting dalam proses
pelayanan. Penerapan Total Quality Management (TQM) ditujukan untuk
menciptakan layanan yang tidak hanya sesuai harapan jamaah, tetapi juga
berupaya melampaui ekspektasi mereka. Hal ini tercermin dari keseriusan lembaga
dalam merancang sistem pelayanan yang terukur dan berorientasi penuh pada
kepuasan jamaah. |
en_US |