Research Repository

HUBUNGAN KONTROL EMOSI TERHADAP RISIKO DEPRESI PADA SISWA BIMBINGAN BELAJAR RUANG GURU

Show simple item record

dc.contributor.author NANDA, TIARA DWI
dc.date.accessioned 2025-09-17T03:27:27Z
dc.date.available 2025-09-17T03:27:27Z
dc.date.issued 2025-06-25
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28460
dc.description.abstract Pendahuluan: Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara kontrol emosi siswa dalam konteks bimbingan belajar dengan risiko depresi. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara kontrol emosi terhadap risiko depresi pada siswa bimbingan belajar Ruang Guru. Metode: desain penelitian menggunakan pendekatan analitik kuantitatif dengan jenis korelasional dan metode cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa yang mengikuti bimbingan belajar, dengan jumlah responden sebanyak 58 orang. Instrumen yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire for Children and Adolescents (ERQ-CA) dan Patient Health Questionnaire-9 (PHQ-9). Hasil: penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kontrol emosi strategi cognitive reappraisal berada pada kategori sedang pada 36 siswa (62,0%), dan expression suppression berada pada kategori sedang pada 40 siswa (69,3%). Risiko depresi pada siswa dengan kategori depresi ringan ditemukan pada 15 siswa (25,8%). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara cognitive reappraisal dan risiko depresi (p>0,05; r=-0,202). Namun, terdapat hubungan signifikan antara expression suppression dan risiko depresi (p<0,05; r=0,320). Kesimpulan: kontrol emosi, khususnya strategi expression suppression memiliki hubungan terhadap risiko depresi pada siswa bimbingan belajar. en_US
dc.subject kontrol emosi en_US
dc.subject cognitive reappraisal en_US
dc.subject expression suppression en_US
dc.subject risiko depresi en_US
dc.subject bimbingan belajar en_US
dc.title HUBUNGAN KONTROL EMOSI TERHADAP RISIKO DEPRESI PADA SISWA BIMBINGAN BELAJAR RUANG GURU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account