Research Repository

PERBANDINGAN TINGKAT STRES AKADEMIK ANTARA MAHASISWA TAHUN PERTAMA YANG MERANTAU DENGAN TIDAK MERANTAU DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author MUBARAK, HAFIDZ ZAKI
dc.date.accessioned 2025-09-17T03:19:32Z
dc.date.available 2025-09-17T03:19:32Z
dc.date.issued 2025-07-28
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28457
dc.description.abstract Pendahuluan: Stres akademik merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh mahasiswa, terutama pada fase transisi awal masa perkuliahan. Mahasiswa tahun pertama dihadapkan pada berbagai tuntutan, mulai dari beban akademik yang tinggi, adaptasi terhadap lingkungan belajar baru, hingga tekanan ekspektasi akademik. Kondisi ini menjadi semakin kompleks pada mahasiswa yang berasal dari luar kota (mahasiswa perantau), yang harus menghadapi keterbatasan dukungan sosial dan emosional dari keluarga serta beradaptasi dengan budaya dan lingkungan sosial yang berbeda. Akumulasi faktor faktor tersebut berpotensi meningkatkan risiko terjadinya stres akademik dibandingkan mahasiswa non-perantau. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status perantauan dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa Tahun Pertama yang berasal dari luar kota Medan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Metode: Jenis penelitian adalah analitik kategorik dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Mahasiswa pada tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan jumlah 62 responden. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran menggunakan kuesioner Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Hasil pengukuran dianalisis dengan uji univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil: Mayoritas responden mahasiswa perantau mengalami stres sedang sebanyak 24 orang (75%) dan mahasiswa tidak perantau mengalami stres sedang sebanyak 15 orang (46,9%), dan terdapat hubungan yang signifikan antara status mahasiswa yang merantau dan tidak merantau dengan stres akademik dengan nilai p < 0.001 Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara status mahasiswa yang merantau dan tidak merantau dengan stres akademik. en_US
dc.subject Stres akademik en_US
dc.subject Mahasiswa Perantau en_US
dc.subject Mahasiswa Tidak Perantau en_US
dc.subject Educational Stress Scale for Adolescents en_US
dc.title PERBANDINGAN TINGKAT STRES AKADEMIK ANTARA MAHASISWA TAHUN PERTAMA YANG MERANTAU DENGAN TIDAK MERANTAU DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account