Research Repository

ANALISIS DISTRIBUSI TEGANGAN FRAME MOBIL HEMAT ENERGI UMSU BERBAHAN LOW CARBON STEEL PROFIL HOLLOW MENGGUNAKAN SOFTWARE METODE ELEMEN HINGGA

Show simple item record

dc.contributor.author SARAGIH, RISTO RAMADHAN
dc.date.accessioned 2025-09-16T03:25:00Z
dc.date.available 2025-09-16T03:25:00Z
dc.date.issued 2025-08-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28420
dc.description.abstract Rangka merupakan bagian yang sangat krusial dalam desain sebuah kendaraan. Semua beban yang ada pada kendaraan, termasuk penumpang, mesin, sistem pengendalian, dan semua perangkat kenyamanan lainnya, semuanya ditaruh di atas rangka. Dan bertujuan untuk mengetahui kekuatan frame mobil hemat energi kategori prototype. Pembebanan yang dilakukan dengan beban pengemudi 60 s/d 80 kg terhadap beban statis, akselerasi dan pengereman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Finite Element Methode dengan bantuan software SolidWorks dan Ansys. Pada penelitian ini menggunakan material low carbo steel. Frame diberi beban pengemudi 60 s/d 80 kg kemudian didapatkan hasil simulasi berupa tegangan Deformation, Equivalent elastic strain, Von-Mises, dan Safety Factor.Pada simulasi frame dengan beban pengemudi 60 kg didapatkan nilai Deformation, Equivalent elastic strain, Von-Mises, dan Safety Factor pada pembebanan statis sebesar 1.778 mm, 0,00037681 mm, 68.405 Mpa dan 3.6547, pembebanan akibat akselerasi sebesar 1.7871 mm, 0.0003779 mm, 68.485 Mpa dan 3.6504, pembebanan akibat pengereman sebesar 1.7768 mm, 0.00037659 mm, 68.389 Mpa dan 3.6556. Untuk beban pengemudi 70 kg pada pembebanan statis sebesar 2.0514 mm, 0.00043629 mm, 78.867 Mpa dan 3.1699, pembebanan akibat akselerasi sebesar 2.0602 mm, 0.0004374mm, 78.937 Mpa dan 3.1671, pembebanan akibat pengereman sebesar 2.0497 mm, 0,00043607 mm, 78,854 Mpa 3.1704. Untuk beban pengemudi 80 kg pada pembebanan statis 2.3246 mm, 0.00049581 mm, 89.334 Mpa dan 2,7985, pembebanan akibat akselerasi sebesar 2.3334 mm, 0.00049692 mm, 89.403 Mpa dan 2.7963, pembebanan akibat pengereman sebesar 2.3228 mm, 0.00049558 mm, 89.32 Mpa dan 2.7989. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Mobil hemat energi en_US
dc.subject frame en_US
dc.title ANALISIS DISTRIBUSI TEGANGAN FRAME MOBIL HEMAT ENERGI UMSU BERBAHAN LOW CARBON STEEL PROFIL HOLLOW MENGGUNAKAN SOFTWARE METODE ELEMEN HINGGA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account