dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran smart
box (kotak pintar) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Media smart box dirancang sebagai alat bantu
belajar interaktif yang memadukan unsur visual dan gambar yang menarik sehingga
membantu siswa memahami materi secara lebih mudah, menyenangkan dan
meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPAS. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba
terdiri dari siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pancur Batu. Hasil penelitian
menunjukan bahwa media smart box yang dikembanglan memperoleh penilaian
kelayakan yang sangat tinggi. Validasi oleh ahli media menunjukan hasil persentase
kelayakan sebesar 96% dan validasi oleh ahli materi memperoleh persntasse
sebesar 94% yang menunjukan bahwa isi materi IPAS yang dimuat dalam smart
box relevan, akurat, dan sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran untuk siswa
kelas IV. Uji coba terbatas yang memperlihatkan bahwa penggunaan media smart
box mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Selain itu,
tanggapan siswa terhadap smart box juga sangat positif, bahwa media ini
menyenangkan, mudah digunakan, dan membuat proses belajar menjadi lebih
menarik. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran smart box
efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPAS pada
siswa kelas IV SD. |
en_US |