Abstract:
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Digitalisasi Akuntansi dan Pertumbuhan E-
Commerce Terhadap Penjualan dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel
Moderating pada UMKM di Kota Medan. Permasalahan yang diangkat adalah
rendahnya tingkat penjualan UMKM di Kota Medan, yang dipengaruhi oleh
ketidakmampuan dalam mengadopsi digitalisasi akuntansi dan pertumbuhan e-
commerce, serta rendahnya literasi keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh digitalisasi akuntansi dan pertumbuhan e-commerce
terhadap penjualan UMKM, serta peran literasi keuangan sebagai variabel
moderating. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
dengan teknik survei dan analisis data menggunakan Partial Least Square -
Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
digitalisasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan
UMKM. Pertumbuhan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap
penjualan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi akuntansi
dan pertumbuhan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap
penjualan UMKM serta literasi keuangan memoderasi pengaruh tersebut.