Abstract:
enelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui fintech e-wallet DANA terhadap
perilaku konsumtif Gen Z kota Medan (2) untuk mengetahui literasi keuangan
terhadap perilaku konsumtif Gen Z kota Medan (3) untuk menganalisis secara
simultan pengaruh fintech e-wallet DANA dan literasi keuangan terhadap perilaku
konsumtif Gen Z kota Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan
penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, dengan bantuan software
SPSS 27. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 100
menunjukkan bahwa fintech e-wallet DANA memiliki pengaruh dan signifikan
terhadap perilaku konsumtif Gen Z sebesar 22.7%. Kemudian literasi keuangan
memiliki pengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Gen Z sebesar
40,4%. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa fintech e-wallet DANA
dan literasi keuangan berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Gen
Z sebesar 22,3% dan sisanya sebesar 77,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam variabel penelitian.