| dc.description.abstract | 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif sistem 
pembayaran transaksi berbasis syariah dalam meningkatkan kepercayaan jamaah 
pada layanan travel umroh di PT. Zam Zam Wisata Islami, pendekatan yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.  Teknik analisis 
data yang digunakan melalui pengumpulan data menggunakan proses 
wawancara, mereduksi data, serta penarikan kesimpulan.  
Pada Penelitian ini menunjukan bahwasanya sistem pembayaran 
transaksi berbasis syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap 
kepercayaan jamaah, dimana sistem pembayaran yang digunakan dalam 
perusahaan ini menekankan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, seperti 
terhindar dari riba, gaharar, maysir.  Penerapan sistem ini terbukti efektif dalam 
meningkatkan kepercayaan jamaah, terlihat dari meningkatnya jumlah jamaah 
dan kepuasan mereka terhadap layanan yang di berikan. Meliputi kejelasan akad
akad yang digunakan di dalam setiap transaksinya, kemudahan proses 
pembayaran, adapun faktor-faktor pendukung lainya di antaranya adanya dukung 
dari Bank Syariah Serta Dewan Pengawan Syariah yang menjadi kunci 
keberhasilanm dalam meningkatkan kepercayaan jamaah. Meskipun demikian 
terdapat beberapa tantangan dalam pengimplementasianya seperti kurangnya 
pemahaman jamaah terhadap sistem pembayaran yang di lakukan secara syariah 
serta adanya daya saing oleh pihak travel lain yang menggunakan sistem 
pembayaran konvensional yang sering kali menawarkan proses pembayaran yang 
lebih sederhana dan fleksibel, hal ini yang menjadi adanya faktor penghambat 
pada perusahaan travel umroh.  
Berdasarkan analisis, dapat di simpulkan bahwa,  dengan adanya sistem 
pembayaran berbasis syariah di PT. Zam Zam Wisata Islami memiliki peran 
penting dalam membangun kepercayaan jamaah, oleh karena itu, perusahaan 
perlu melakukan optimalisasi serta edukasi kepada para jamaah dan melakukan 
peningkatan layanan keuangan syariah hal ini perlu dilakukan untuk 
meningkatkan efektivitas sistem ini di masa mendatang. | 
en_US |