Abstract:
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh fenomena Cashless
Society terhadap minat mahasiswa FAI UMSU dalam memanfaatkan layanan
Payment M-Banking BSI, (2) untuk mengetahui pengaruh fitur layanan terhadap
ketertarikan mahasiswa FAI UMSU dalam menggunakan Payment M-Banking
BSI, serta (3) untuk menganalisis pengaruh secara simultan antara Cashless Society
dan fitur layanan terhadap minat mahasiswa FAI UMSU dalam mengakses
Payment M-Banking BSI. Studi ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Agama
Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif serta analisis data melalui perangkat lunak
SPSS 25. Hasil penelitian yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada
100 responden bahwa Cashless Society tidak memiliki pengaruh signifikan
terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan Payment M-Banking BSI,
sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi negatif (-0,259) dan nilai t
hitung (-2,001) yang lebih kecil dari t-tabel (1,984), sehingga hipotesis nol diterima.
Sebaliknya, fitur layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
mahasiswa, dengan nilai koefisien regresi positif (0,818) serta nilai t-hitung
(13,876) yang lebih besar dari t-tabel (1,984). Secara simultan, Cashless Society
dan fitur layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa,
sebagaimana ditunjukkan sebesar 73,9%, sementara itu 26,1 % sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini