dc.description.abstract |
Dari Data Kostondium sentral Efek Indonesia (KSEI), pada bulan Mei
2022, jumlah investor di pasar modal mencapai sebanyak 8,85 juta atau lebih
tepatnya 8. 859. 468 individu. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar
18,28% dibandingkan dengan kelompok usia 30 tahun hingga 60 tahun. Jika
dilihat berdasarkan nilai aset, investasi dikuasai oleh mereka yang berusia di atas
60 tahun, yang meskipun hanya berkontribusi 2,7% dalam jumlah, tetapi nilai
asetnya mencapai 539 triliun. Selain itu, para investor yang bekerja sebagai
pegawai baik swasta maupun negeri banyak berkolaborasi dengan pelaku Usaha
Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pemasaran produk dan jasa.
Teknologi berperan penting dalam mempercepat kemajuan UMKM agar dapat
bersaing di tingkat global. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif
kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif berbentuk angka atau bilangan yang
bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teori-teori yang sudah
ada.Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan ternyata
berpengaruh tidak signifikan positif dikarenakan nilai dari t-statisticnya sebesar
0.045636, serta nilai probabilitasnya 0.9640 (0.05). Maka dapat disimpulkan nilali
investasi digital berpengaruh tidak signifikan dan positif terhadap pendapatan
UMKM.Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan ternyata
berpengaruh signifikan positif dikarenakan nilai dari t-statisticnya sebesar
9.966207, serta nilai probabilitasnya 0.0000 (0.05). Maka dapat disimpulkan nilai
konsumsi digital (KD) berpengaruh signifikan dan positif terhadap UMKM.
Berdasarkan hasil regresi linear berganda yang telah dilakukan ternyata
berpengaruh signifikan negatif dikarenakan nilai dari t-statisticnya sebesar
3.160923, serta nilai probabilitasnya 0.0047 (0.05). Maka dapat disimpulkan nilali
produk domestik bruto (PDB) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap
UMKM. 1. Investasi digital ternyata berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap umkm, investasi digital yang memeberikan akses pasar yang lebih luas
bagi pelaku UMKM, karena hal ini dapat membantu meningkatkan daya saing di
pasar global. |
en_US |