dc.description.abstract |
Saat ini masyakarakat dihadapkan dengan teknologi yang
berkembang sangat pesat, khususnya dalam lingkup belanja online. Maraknya
aktifitas belanja online tentunya tidak lepas dari eksistensi teknologi saat ini
yang telah melahirkan hal baru yang secara perlahan telah menggeser
kebudayaan masyarakat sebelumnya. Perilaku belanja online tersebut dilatar
belakangi dengan munculnya pola belanja masyarakat yang umumnya
menginginkan kemudahan, kemurahan dan keuntungan. Maraknya belanja
online saat ini sangat menarik untuk dibahas karena dalam era digital sekarang
ini teknologi yang semakin berkembang dan juga canggih membuat banyak
dari masyarakat yang gemar akan belanja online. Tujuan dalam penelitian ini
adalah (1) Menganalisis secara deskriptif Perkembangan Platform E-commerce
di Indonesia Tahun 2019 – 2023 , (2) Menganalisis secara deskriptif faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam belanja online pada platform
E-commerce. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kuantitatif yang menggunakan Statistik. Pendekatan ini dipilih untuk
memberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam tentang
perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia dari tahun 2019 hingga 2023.
Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen merasa puas
dengan pengalaman berbelanja online. Mereka menghargai kemudahan,
kecepatan, dan efisiensi yang ditawarkan oleh platform e-commerce. Perbaikan
dalam sistem logistik dan pengiriman juga berkontribusi pada kepuasan
konsumen, karena pengiriman yang lebih cepat dan handal meningkatkan
pengalaman berbelanja. |
en_US |