dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Yayasan Medan Generasi
Impian dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak miskin perkotaan.
Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling,
penelitian ini melibatkan koordinator yayasan, orang tua siswa, dan siswa sebagai
narasumber, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yayasan berperan penting melalui
program seperti New Hope Class, yang menyediakan bimbingan belajar tambahan
untuk mendukung pembelajaran akademik dan pengembangan karakter, serta
Children Sponsorship Program, yang menjembatani siswa berprestasi dari
keluarga kurang mampu dengan sponsor untuk membantu kebutuhan pendidikan
mereka. Yayasan juga menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai, seperti
ruang belajar nyaman dan akses teknologi, serta bekerja sama dengan komunitas
lokal untuk memastikan pemerataan akses pendidikan. Program-program ini tidak
hanya berfokus pada peningkatan prestasi akademik, tetapi juga membangun
individu dengan nilai moral yang kuat dan keterampilan hidup. Meskipun
demikian, tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan keberlanjutan program
memerlukan strategi lanjutan untuk menjamin keberhasilan jangka panjang.
Penelitian ini menegaskan pentingnya peran yayasan dalam mengurangi
kesenjangan pendidikan di kalangan anak miskin perkotaan. |
en_US |