Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh implementasi sistem
elektronik (E-Registration, E-SPT, E-Filing dan E-Billing) bagi Wajib Pajak
terhadap kualitas pelayanan administrasi perpajakan pada KPP Pratama Medan
Belawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
penelitian assosiatif. Sumber data diperoleh dari data primer dengan metode
menyebarkan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel implementasi sistem
elektronik E-Registration, E-Filing dan E-Billing tidak berpengaruh dan tidak
signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan administrasi perpajakan tetapi
variabel implementasi sistem E-SPT berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas
pelayanan administrasi perpajakan. Saran bagi DJP agar lebih meningkatkan
penyuluhan mengenai sistem elektronik bagi Wajib Pajak, serta menyederhanakan
agar sistem elektronik dapat lebih di terima oleh Wajib Pajak dan pihak DJP juga
diharapkan meningkatkan tampilan fitur secara visual pada sistem elektronik agar
lebih menarik.