Abstract:
Dunia yang terus berkembang populasinya telah menciptakan beberapa
generasi yang berbeda. Mulai dari generasi Baby Boomers hingga ke generasi
sekarang yaitu Generasi Z. Sebagian besar dari generasi Z yaitu termasuk kategori
remaja yang dimana susah untuk dapat menerima perasaan yang dapat kapan saja
berubah, maka dari itu dibutuhkannya peran orang tua dan juga hal lain yang
dapat membantu mengatasi hal tersebut. Sebagian besar remaja dapat mengatasi
hal-hal tersebut dengan menggunakan media sosial. Media sosial dapat menjadi
sarana bagi mereka untuk mendapatkan informasi mengenai edukasi dan juga
motivasi seperti pada penelitian ini.Teknik pengumpulan data adalah wawancara
dengan 3 informan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana
konten edukasi pada akun TikTok @ananzaprili dapat memotivasi kalangan siswi
SMAN 4 Medan, terutama pada kelas 11-5. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan teknik analisis data
yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Narasumber dalam penelitian ini ialah 3 orang siswi yang mengikuti akun TikTok
@ananzaprili dan berasal dari kelas 11-5 SMAN 4 Medan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat beberapa konten edukasi pada akun TikTok
ananzaprili yang memberikan motivasi kepada para penontonnya, terutama
kepada informan. Terdapat perubahan yang terjadi Ketika para informan sudah
mengikuti akun TikTok tersebut, yang dimana terdapat pembelajaran yang sangat
menginpirasi bagi para penontonnya.