dc.description.abstract |
Komunikasi pada dasarnya merupakan kegiatan penyampaian
pesan,komunikasi perlu ditempatkan pada fungsinya, bukan hanya untuk
membangkitkan kesadaran, memberi informasi, mempegaruhi atau mengubah
perilaku,
melainkan komunikasi juga berfungsi untuk mendengarkan,
mengeksplorasi lebih dalam, memahami, memberdayakan, dan membangun
konsen dalam perubahan, karena itu komunikasi diperlukan untuk mendukung
proses peningkatan akreditasi sekolah dan kapabilitas Guru di SMP
Muhammadiyah 07 Medan. Strategi komunikasi menjadi fokus pembahasan
dalam penelitian ini bagaimana cara sekolah dapat mengimplementasikan sistem-
sistem yang telah dibuat untuk kemajuan sekolah dan kemandirian guru dalam
memposisikan diri sebagai tenaga pendidik di sekolah tersebut. Metode penelitian
ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimana keseluruhan
data dan faktanya diambil melalui narasumber dengan menggunakan teknik
observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi komunikasi yang diciptakan mampu memberikan efek positif terhadap
sekolah dan menjadikan pribadi guru-guru yang bertangung jawab sehingga dapat
terjalankan proses belajar mengajar dengan baik dan benar, kurikulum merdeka
belajar masih menjadi pedoman pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah
sampai saat ini. Dengan menerapkan strategi komunikasi yang efektif SMP
Muhammadiyah 07 Medan mendapatkan akreditasi “unggul madya”serta
mempertahankan eksistensinya di kalangan SMP swasta SE-Sumatera Utara. |
en_US |