dc.description.abstract |
Penelitian ini menganalisis iklan layanan masyarakat berjudul “Senyum di Balik
Pintu Tertutup” di kanal YouTube TB Indonesia menggunakan pendekatan
semiotika Ferdinand de Saussure. Iklan ini bertujuan meningkatkan kesadaran
masyarakat tentang bahaya tuberkulosis (TBC), pentingnya deteksi dini serta
pencegahan dan pengobatan yang tepat. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik
yang digunakan adalah observasi atau Pengamatan lansung. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa iklan ini menyampaikan pesan melalui visual untuk
menggugah empati penonton. Pada level penanda, visualisasi seperti pintu tertutup
dan senyuman pasien TBC mencerminkan keterbatasan sosial akibat stigma
penyakit. Sementara itu, pada level petanda, iklan ini menekankan pentingnya
dukungan keluarga dan masyarakat dalam mendukung kesembuhan pasien serta
memerangi stigma terhadap penderita TBC. Penelitian ini berkontribusi dalam
memahami bagaimana media digital dapat digunakan sebagai alat kampanye
kesehatan yang efektif. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
acuan bagi pembuat iklan layanan masyarakat dalam menyusun pesan yang lebih
persuasif dan berdampak bagi perubahan perilaku masyarakat. |
en_US |