Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pola komunikasi guru
terhadap siswa dengan metode brainstorming di SMA Negeri 1 Air Putih.
Komunikasi interpersonal merupakan proses interaksi langsung antara guru dan
siswa yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Berdasarkan pengamatan peneliti, masalah yang dihadapi oleh siswa SMA Negeri
I Air putih dapat dilihat bahwa rendahnya antusiasme belajar siswa diperkirakan
disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang bervariasi yang
selama ini diterapkan oleh para guru. Prosedur pengajaran yang kini lebih sering
dilakukan oleh guru cenderung fokus pada penghafalan konsep daripada
pemahaman. Rendahnya antusiasme dan partisipasi siswa dalam proses
pembelajaran masih menjadi tantangan bagi guru. Oleh karena itu, penerapan
metode brainstorming diharapkan dapat meningkatkan interaksi aktif serta
motivasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Air Putih dengan melibatkan
guru sebagai narasumber utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode brainstorming dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan
keterlibatan siswa secara aktif dan mengoptimalkan pemahaman materi. Selain
itu, metode brainstorming juga berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa,
termasuk kejujuran, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir kritis. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan kepercayaan.
Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus mengembangkan metode
pembelajaran yang interaktif dan partisipatif guna meningkatkan efektivitas
proses pembelajaran. Selain itu, pelatihan bagi guru mengenai teknik komunikasi
interpersonal juga penting untuk mendukung tercapainya pembelajaran yang
optimal.