Abstract:
Generasi Z dikenal sebagai generasi yang sangat terhubung dengan teknologi dan
informasi, sehingga mereka memiliki akses yang lebih besar terhadap berbagai
platform investasi. Namun, meskipun aksesibilitas ini meningkat, tantangan yang
dihadapi oleh generasi Z adalah tingkat literasi keuangan yang bervariasi, yang
berpengaruh langsung terhadap pengetahuan investasi mereka. Tujuan Penelitian
Melakukan Analisis deskriftip tentang perkebangan platfrom investasi saham
online di kota medan dan Melakukan Analisa Multivariat secara ekonomi tentang
platform investasi saham online yang di pengaruhi oleh variabel literasi keuangan,
pengetahuan investasi dan sosial media. Metode penelitian kualitatif. pada
penelitian kualitatif mengunakan analisa multivariat. Jenis data mengunakan data
primer. Secara keseluruhan, perkembangan investasi saham online di kota Medan
Menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan meskipun mengahadapi
tantangan dari pandemi dan perubahan global akibat covid -19. Dari hasil olahan
SmartPLS menunjukan bahwa faktor sosial media tidak berpengaruh signifikan
terhadap platform investasi saham online, namun pada faktor Pengetahuan Investasi
berpengaruh signifikan terhadap Platform Investasi Saham Online dan Literasi
Keuangan juga berpengaruh terhadap Platform Investasi Saham Online.