Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi penyiar dalam
program morning fresh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
uses and gratification Katz yang mencakup informasi. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan.
Informan dalam penelitian ini adalah: Pimpinan Radio Kardopa FM, 1 penyiar
program morning fresh, dan 1 karyawan Radio Kardopa. Hasil dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi dalam program morning fresh meliputi:
Gaya komunikasi penyiar yang berfokus pada penyampaian berita dan informasi
terkini dan menggunakan gaya berbicara yang lebih formal dan energik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah program ini menekankan pentingnya
penyampaian berita yang akurat dan relevan, serta memanfaatkan media sosial.
Dengan format yang terdiri dari 70% berita dan 30% musik, program ini bertujuan
untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pendengar di pagi hari. Saran
dalam penelitian ini adalah variasi Gaya Penyampaian, gaya komunikasi yang
lebih santai sehingga lebih menarik bagi pendengar di semua kalangan,
peningkatan kualitas konten berita, survey Pendengar Secara Berkala untuk
melihat banyaknya pendengar Radio Kardopa.