Abstract:
Perkembangan teknologi yang begitu pesat di era modern ini membuat
masyarakat mencoba mencari akses informasi yang paling cepat salah satunya
adalah melalui media online. salah satu media online yang menyediakan akses
informasi tersebut adalah detik.com. detik.com memiliki beberapa biro daerah,
salah satunya adalah biro detikSumut. setiap perusahaan tentunya memiliki
tujuan yang ingin diraih, beigitu pula dengan detikSumut. Manajemen komunikasi
pimpinan akhirnya menjadi sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi
tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mencari
tahu manajemen komunikasi yang dilakukan pimpinan detikSumut dalam
mencapai tujuan organisasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala
biro detikSumut, koordinator liputan hingga jurnalis detikSumut kemudian
dianalisis secara sistemis melalui teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa detikSumut melakukan manajemen komunikasi pimpinan melalui proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
Namun
manajemen komunikasi pimpinan tersebut bisa terlaksana dengan baik apabila
timkerja dapat mengikuti seluruh arahannya dengan benar. Apabila manajemen
komunikasi pimpinan tersebut dilaksanakan secara tepat maka diharapkan tujuan
organisasi juga dapat diraih