Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan media sosial Instagram yang
semakin banyak digunakan para remaja sebagai media untuk berinteraksi dan
sekaligus menampilkan citra diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan
interaksi di media sosial tentang pembentukan citra diri pada mahasiswa UIN
Sumut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tentang komunikasi,
komunikasi antarpersonal, Interaksi Sosial, Media Sosial, Citra Diri dan Teori
Dramaturgi. Penelitian ini terbatas hanya meneliti mahasiswi UIN Sumut Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam semester VI karena penulis menilai bahwasanaya
mahasiswi fakultas tersebut lebih berpotensi untuk menunjukan bentuk citra diri di
media social Instagram. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket,
tinjauan pustaka dan dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 709 orang mahasiswi.
Sampel sebanyak 92 orang mahasiswi. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode korelasional memakai rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat antara interaksi
di media sosial Instagram dengan pembentukan citra diri mahasiswi UIN Sumut.
Menunjukkan penampilan fisik sehat dan bugar serta menunjukkan kepribadian
yang baik untuk meraih kepercayaan diri adalah faktor terbesar dalam pembentukan
citra diri. Hasil perhitungan menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.9095
yang berarti semakin tinggi interaksi di Instagram, semakin kuat pula pembentukan
citra diri mahasiswi. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa 82.7% variabilitas
dalam pembentukan citra diri mahasiswa dapat dijelaskan oleh interaksi mereka di
Instagram, sisanya 17.3% dijelaskan oleh faktor lain.