Abstract:
Instagram merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak setelah
Tiktok. Platform media sosial seperti Instagram memfokuskan strategi
pemasaran pada penyajian konten visual yang menarik seperti foto, video
produk dan disertai dengan keterangan yang informatif. Namun, tidak selalu
Perusahaan memahami efektivitas media sosial dalam industri. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas instagram dalam memasarkan
produk teh PT. Perkebunan Nusantara IV Regional II Medan (Teh Butong
dan Teh TobaSari). Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi pemasaran yang diterapkan mengacu pada teori pemasaran
AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Temuan penelitian
mengungkapkan bahwa fitur-fitur lain dari Instagram akan lebih membuat
efektivitas pemasaran di Instagram lebih meningkat. Selain itu konten
kolaborasi antar Perusahaan dengan konten kreator memberi daya tarik
lebih bagi konsumen. Harga yang fleksibel dan adanya promo juga menjadi
salah satu kelebihannya. Fator lain yang berpengaruh terhadap pemasaran
adalah akses membeli yang mudah dijangkau oleh konsumen melalui e-
commerch, seperti shopee dan Tokopedia.