dc.description.abstract |
Efektivitas komunikasi guru dalam pembentukan moral siswa masih menjadi
tantangan. Pendidikan memiliki tujuan utama dalam membentuk sikap moral dan
karakter yang berbudi luhur, khususnya siswa sebagai fondasi utama dalam
pendidikan. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas teori social
learning guru dalam pembentukan moral siswa di SMP Muhammadiyah 07
Medan. Jenis penelitian menggunakan analisis deskriptif, teknik pengumpulan
data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik penetapan informan
menggunakan purposive sampling dengan kriteria wali kelas dan guru mata
pelajaran PPKn, sehingga diperoleh jumlah informan sebanyak 3 orang, dan
teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang
terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini adalah guru berfungsi sebagai model perilaku yanhg dapat ditiru
oleh siswa, Pemberian penghargaan dan hukuman yang tepat oleh guru
berkontribusi dalam meningkatkan motivasi siswa untuk berperilaku baik,
Lingkungan sosial siswa, baik di dalam maupun di luar sekolah, berpengaruh
besar terhadap penerapan nilai-nilai moral, dan Pendekatan yang lebih personal
dan memberikan tanggung jawab kepada siswa dapat meningkatkan motivasi
mereka untuk menerapkan nilai-nilai moral. |
en_US |