dc.description.abstract |
Strategi komunikasi dapat diartikan sebagai suatu pendekatan yang menyusun
rangkaian kegiatan komunikasi . Komunikasi memainkan peran strategis dalam
membangun kesadaran, memperkuat hubungan sosial, serta menggerakkan
partisipasi masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi strategi komunikasi yang diterapkan oleh UD. Herman Bersama
dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Tanjung Jati, Kabupaten
Langkat. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis
efektivitas strategi komunikasi dalam mendukung pertumbuhan sebuah usaha
berbasis komunitas yang memberdayakan Masyarakat sekitar . Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif tidak hanya meningkatkan
keberlanjutan bisnis UD. Herman Bersama tetapi juga memberikan dampak positif
bagi masyarakat sekitar, seperti membantu meningkatkan perekonomian atau
pendapatan Masyarakat sekitar , penciptaan lapangan kerja, serta penguatan
keterampilan dan konektivitas sosial. Faktor-faktor seperti perencanaan,
pengarahan, pengawasan, dan sistem manajemen yang baik turut berperan dalam
keberhasilan strategi komunikasi ini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi
referensi bagi pengembangan kebijakan ekonomi berbasis masyarakat yang lebih
inklusif dan berkelanjutan. |
en_US |