DSpace Repository

PENERAPAN EMPATHY THEORY DALAM PROSES PENDAMPINGAN PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SLB MELATI AISYIYAH DELI SERDANG

Show simple item record

dc.contributor.author SAPITRI, ALIYA CINDY
dc.date.accessioned 2025-05-31T02:02:40Z
dc.date.available 2025-05-31T02:02:40Z
dc.date.issued 2025-04-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27642
dc.description.abstract Teori empati dalam komunikasi interpersonal mendukung pendamping untuk lebih peka pada perasaan anak-anak dengan memahami tantangan emosional mereka, dan memberikan respons yang sesuai. Ketika pendamping menerapkan teori empati, mereka dapat mengenali ekspresi verbal maupun nonverbal anak yang sering kali mencerminkan perasaan yang belum bisa mereka ungkapkan secara langsung. Dalam komunikasi interpersonal, penting untuk tidak hanya mendengar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga memahami perasaan yang tersembunyi di balik kata kata tersebut. Berdasarkan observasi peneliti, masalah yang dialami terdapat pada banyak anak Down Syndrome mengalami kesulitan dalam mengelola emosi mereka yang seringkali menyebabkan mereka merasa frustrasi, dan pada akhirnya menimbulkan ledakan emosi atau tantrum. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka metode yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan penulis di lokasi penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan wawancara dengan 3 orang pendamping atau guru, yang memiliki kemampuan dan pengalaman mengenai implementasi teori empati serta hambatannya dalam pendampingan anak Down Syndrome tersebut. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Empathy Theory en_US
dc.subject Proses Pendampingan en_US
dc.subject Anak Down Syndrome en_US
dc.title PENERAPAN EMPATHY THEORY DALAM PROSES PENDAMPINGAN PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SLB MELATI AISYIYAH DELI SERDANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account