Abstract:
Melihat poster tidak bisa hanya melihat hasil akhir berupa bendanya saja, karena di
dalam poster terdapat banyak hal yang tak kelihatan termasuk unsur-unsur kreatif,
komunikatif, dampak (media exposure), Audience di mana (place) ditempatkan,
ukuran-ukuran keberhasilannya, biaya yang dikeluarkan, sampai pada indikator
indikator keberhasilan sebuah poster. semua itu adalah mata rantai dari proses
kreatif,
sampai pada hasil dan tujuan pembuatannya. Poster mampu
mengkomunikasikan pesan dengan cepat dan berkesan. sebuah poster yang bila
dalam pemilihan antara gambar dan kata kata yang disajikan tepat maka bisa
memiliki nilai yang sama dengan ribuan kata, juga secara individual mampu untuk
memikat perhatian. Semiotika merupakan kajian keilmuan yang menitik beratkan
untuk memahami tanda dalam kehidupan manusia. Maksudnya adalah segala
sesuatu harus kita beri makna karena semua yang ada dalam kehidupan manusia
dapat dilihat sebagai tanda. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang
digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi khalayak untuk orientasi
fungsi sosial bukan semata orientasi ekonomi seperti layaknya iklan komersial.
Keuntungan sosial yang dimaksud adalah munculnya pengetahuan, kesadaran
sikap, perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah atau informasi yang
diiklankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain poster pada Iklan
Layanan Masyarakat Pembakaran Hutan yang di unggah melalui akun Instagram
Polres Labuhan Batu. Penelitian ini menggunakan Analisis Semiotika Charles
Sanders Peirce dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. dalam membangun
kesadaran seluruh Masyarakat akan bahaya nya pembakaran hutan. Metode yang
dugunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.