dc.description.abstract |
Penelitian ini dibimbing oleh Bapak
Hardiansyah Sinaga S.P., M.Agr. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
pemasaran digital dalam meningkatkan hasil usaha tani ternak lele di PT. Mahesa
Dwidaya Pertiga. Penelitian ini dilakukan di Desa Patumbak Kampung
Kecamatan Patumbak. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan faktor internal dan eksternal strategi
pengembangan usaha tani ternak lele melalui pemasaran digital di PT. Mahesa
Dwidaya Pertiga yaitu kekuatan Penawaran yang menarik, pelayanan kepada
konsumen, teknologi pemesanan digital, harga terjangkau, pelanggan tetap,
kualitas lele baik, alat transportasi cukup. Kelemahan yaitu pemasaran terbatas,
kurang teknologi informasi, alat transportasi terbatas, pengelolaan belum optimal,
kualitas tidak stabil, pengemasan kurang menarik, belum ada label merek.
Peluang yaitu daya tarik lele ke konsumen, teknologi digital pemesanan, ternak
lele dikenal di masyarakat, merek sendiri, pelanggan tetap, promosi ke daerah
lain, inovasi ternak lele. Ancaman yaitu persaingan ternak lele, kemasan biasa,
merek dagang produk orang lain, ketahanan lele rendah, tidak memenuhi
permintaan pelanggan, penurunan pembelian secara ekonomi, stabilitas harga
berbeda. Berdasarkan analisis SWOT strategi yang dilakukan menggunakan
strategi SO (Strenghts- opportunity) yaitu memanfaatkan pengalaman dalam
produksi lele dan infrastruktur digital dan kolaborasi dengan pihak eksternal. |
en_US |