dc.description.abstract |
Komunikasi interpersonal merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan
organisasi dan pemberdayaan masyarakat, terutama dalam konteks pengembangan
usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Komunikasi interpersonal yang dilakukan
oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Hutatoruan X dalam
pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Komunikasi
interpersonal memegang peranan penting dalam memberikan pemahaman,
membangun kepercayaan, serta meningkatkan keterampilan dan motivasi pelaku
UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif
untuk menganalisis bagaimana komunikasi interpersonal PKK berkontribusi dalam
peningkatan kapasitas dan keberlanjutan UMKM di wilayah tersebut. Data
dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif antara pengurus
PKK dan pelaku UMKM berkontribusi pada peningkatan keterampilan usaha,
perluasan jaringan pemasaran, serta penguatan mental dan motivasi dalam
menjalankan bisnis Pemasaran merupakan rangkaian aktivitas yang meliputi
perencanaan dan pelaksanaan untuk menciptakan, menetapkan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan ide, produk, serta layanan dengan tujuan
menghasilkan interaksi yang memuaskan bagi individu dan organisasi. Interaksi yang
efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal
yang baik dalam organisasi kemasyarakatan seperti PKK dapat menjadi faktor strategis
dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM. |
en_US |