Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan moral di kalangan remaja.
Dekadensi moral merupakan penurunan kualitas moral, nilai dan etika pada
individu atau kelompok yang melanggar aturan yang berlaku dimasyarakat.
Dekadensi moral pada siswa ditandai dengan penggunaan bahasa kotor,melawan
guru dan melakukan bullying. Hal ini terjadi akibat perkembangan teknologi dan
pengaruh budaya yang sering kali tidak seimbang. Peran guru dalam mengatasi
dekadensi moral sangat penting, salah satunya melalui bimbingan klasikal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi guru dalam
mengatasi dekadensi moral melalui metode bimbingan klasikal di mtss insan cita
medan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Harold Lasswell, yang
menekankan lima indikator utama dalam komunikasi, yaitu komunikator, pesan,
media, komunikan, dan efek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi guru
menggunakan bimbingan klasikal efektif dalam membangun kesadaran moral
siswa. Guru berperan sebagai sosok teladan yang memberikan motivasi, serta
menciptakan komunikasi terbuka yang membuat siswa merasa nyaman untuk
berbagi masalah. Metode ceramah dan diskusi di kelas terbukti efektif dalam
meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai moral. Efek yang ditimbulkan
dari strategi ini yaitu perubahan sikap siswa ke arah positif, meningkatnya rasa
empati, serta kesopanan dalam berinteraksi.