dc.description.abstract |
Public Relations (Humas) memiliki peran penting dalam menjaga citra dan
eksistensi suatu perusahaan di tengah persaingan pasar. PT. Panasonic Gobel
Indonesia sebagai perusahaan elektronik ternama menghadapi tantangan dalam
mempertahankan eksistensi produknya di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis strategi humas yang diterapkan oleh PT. Panasonic Gobel
Indonesia dalam mempertahankan eksistensi produknya. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Panasonic Gobel Indonesia
menerapkan berbagai strategi humas, termasuk media relations, event marketing,
digital marketing, dan corporate social responsibility (CSR) untuk membangun
citra positif serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Strategi ini terbukti efektif
dalam mempertahankan eksistensi produk di tengah persaingan pasar yang ketat. |
en_US |