dc.description.abstract |
Kesetaraan gender adalah ide bahwa laki-laki dan perempuan memiliki
kesempatan yang sama untuk masuk ke sekolah, bekerja, memainkan peran dalam
masyarakat, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Tantangan kedua
adalah mencapai kesetaraan gender berfungsi sebagai alat untuk menemukan dan
membicarakan masalah yang masih dihadapi dalam mencapai kesetaraan gender.
Berdasarkan latar belakang permasalahan maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana peran gender dalam prestasi belajar siswa di
Sekolah SMP Dinda Hafidzah Islamic School. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui peran gender dalam prestasi belajar siswa di sekolah SMP
Dinda Hafidzah Islamic School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kualitatif,data dikumpulkan melalui wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi kepada guru di sekolah SMP Dinda
Hafidzah Islamic School. Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa
faktor gender memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di
SMP Dinda Hafidzah Islamic School. Sebagian besar siswa perempuan
menunjukkan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki dalam
mata pelajaran tertentu, terutama dalam mata pelajaran yang berkaitan dengan
bahasa dan sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa gender sangat berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa, meskipun faktor internal seperti motivasi pribadi,
kedisiplinan, dan dukungan keluarga juga sangat penting untuk mencapai hasil
yang optimal dalam pendidikan. Penelitian ini menyarankan, penting bagi sekolah
untuk mengajarkan siswa tentang signifikan kesetaraan gender dalam pendidikan
supaya stereotip dan bias yang dapat mempengaruhi perkembangan akademik
serta non-akademik siswa bisa dihindari. |
en_US |