Abstract:
Salah satu bagian yang tengah menjadi perhatian beriringan dengan pertumbuhan
teknologi yang makin berkembang adalah sistem informasi kesehatan. Menurut
World Health Organization (WHO) sistem informasi kesehatan ini juga termasuk
salah satu komponen kesehatan di sebuah negara. Maka dari itu, melalui
komunikasi yang dilakukan Puskesmas Gunung Meriah Aceh Singkil diharapkan
mampu meningkatkan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Sebuah Pusat
Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harusnya memiliki tanggung jawab untuk
memberi pengetahuan kepada masyarakat. karena banyak sekali informasi yang
tersebar di lingkungan tempat tinggal mereka adalah informasi tentang kesehatan
salah dan tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan petugas
Puskesmas dalam menyampaikan informasi tentang kesehatan di Kecamatan
Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Metode yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi.Informan pada penelitian ini adalah dua orang, yaitu
Kepala dan Staff Puskesmas Gunung Meriah Aceh Singkil. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi petugas puskesmas dalam program
cerita kesehatan dilakukan melalui beberapa cara seperti menetapkan narasumber
sesuai dengan tema yang akan dibawakan, target sasaran program yaitu
masyarakat kecamatan gunung meriah khususnya ibu rumah tangga, pesan yang
disampaikan adalah tentang isu-isu kesehatan yang tersebar di lingkungan
masyarakat, serta media yang digunakan dalam menjalankan program cerita
kesehatan adalah media sosial facebook melalui live streaming.