DSpace Repository

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN THRIFTING MELALUI LIVE STREAMING TIKTOK PADA AKUN @ELEVEN02SHOP

Show simple item record

dc.contributor.author MELYA, ELYANI
dc.date.accessioned 2025-05-23T09:51:23Z
dc.date.available 2025-05-23T09:51:23Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27349
dc.description.abstract Akun @eleven02shop merupakan sebuah toko online yang menggunakan konsep thrifting atau baju bekas melalui platform TikTok, dengan strategi pemasaran utama berupa live streaming. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh @eleven02shop dalam menarik audiens, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan produk. Strategi komunikasi pemasaran berperan penting dalam mengenalkan produk kepada konsumen serta meningkatkan keuntungan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada sesi live streamin g untuk menganalisis interaksi antara @eleven02shop dan audiens, wawancara dilakukan untuk menggali persepsi pelanggan, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data statistik pengikut, interaksi, serta penjualan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan mengacu pada konsep Marketing Mix 7P, yang meliputi product, price, place, dan promotion, serta tiga elemen tambahan: people, process, dan physical evidence ini efektif dalam meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan audiens, dengan pencapaian lebih dari 18.000 pengikut dan hampir 50.000 likes. Setiap sesi live streaming terbukti berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan, dengan penjualan yang meningkat setelah setiap sesi dilakukan, terutama ketika interaksi audiens lebih aktif dan promo menarik diberikan selama live streaming. Meskipun menghadapi tantangan dalam pemilihan waktu live streaming dan persaingan, @eleven02shop berhasil menciptakan pengalaman belanja yang interaktif dan membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa @eleven02shop berhasil memanfaatkan TikTok untuk mengembangkan brand dan meningkatkan penjualan produk thrifting. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Komunikasi Pemasaran en_US
dc.subject Thrifting en_US
dc.subject Live Streaming Tiktok en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN THRIFTING MELALUI LIVE STREAMING TIKTOK PADA AKUN @ELEVEN02SHOP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account