Abstract:
Seiring berkembangnya industri ritel, keberadaan mall baru seperti Suzuya
Merdeka Mall di Kota Pematangsiantar memunculkan tantangan dalam menarik
minat beli konsumen. Keberhasilan mall dalam menarik pengunjung tidak terlepas
dari faktor penting seperti opini masyarakat dan komunikasi pemasaran yang
dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor tersebut
terhadap minat beli masyarakat di Suzuya Merdeka Mall. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi linear berganda. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden yang
merupakan remaja akhir di Kelurahan Bantan, Kota Pematangsiantar. Kemudian,
Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi
klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa
H0 yang menyatakan bahwa opini masyarakat dan komunikasi pemasaran tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat, dapat ditolak. Sebaliknya,
Ha yang menyatakan bahwa opini masyarakat dan komunikasi pemasaran
berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat diterima. Hasil analisis
menunjukkan bahwa koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,711 yang berarti bahwa
sekitar 71,1% variasi dalam minat beli dapat dijelaskan oleh variabel Opini
Masyarakat dan Komunikasi Pemasaran. Uji F juga menunjukkan bahwa kedua
variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan. Penelitian ini
mengungkapkan bahwa opini masyarakat pada komunikasi pemasaran memiliki
peran penting dalam mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap Suzuya
Merdeka Mall.