Abstract:
Industri makanan dan minuman di Indonesia terus mengalami perkembangan yang
signifikan. Salah satu kategori produk yang turut berkembang adalah yogurt.
Heavenly Blush, salah satu merek lokal yang dikenal di Indonesia, turut
meramaikan persaingan di industri yogurt salah satunya Heavenly Blush Yogurt
yang hadir sebagai salah satu produk yogurt premium dengan berbagai varian
rasa yang menarik. Oleh karena itu, upaya menarik minat dan meningkatkan
penjualan, Heavenly Blush menggunakan model komunikasi pemasaran melalui
penjualan langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan peran sales
promotion girl (SPG). Kemampuan komunikasi SPG menjadi kunci keberhasilan
dalam menarik minat konsumen agar meningkatkan penjualan Heavenly Blush
Yogurt. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dan teknik analisis data reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Komunikasi yang dilakukan oleh sales promotion girl dalam menarik minat
konsumen dengan melakukan komunikasi secara langsung dan tidak langsung.
Lalu, Model komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sales promotion girl
dalam menarik minat konsumen berjalan efektif dengan memperhatikan beberapa
hal, seperti penampilan, tutur kata, penyampaian informasi, dan mengetahui
kebutuhan konsumen.