Research Repository

Strategi Komunikasi Badan Pendapatan Daerah Kota Medan Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Di Kota Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Kelud Hakim, Muhammad Imam
dc.date.accessioned 2025-05-15T09:49:41Z
dc.date.available 2025-05-15T09:49:41Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27219
dc.description.abstract Setiap tahun, Pemerintah Kota menetapkan target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Namun, tidak selalu target tersebut dapat tercapai dengan optimal. Strategi komunikasi memiliki peran penting dalam efektifitas penerimaan pajak. Strategi lain yang digunakan oleh Bapenda adalah sosialisasi dalam mendorong kemudahan bagi masyarakat yang ingin membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan penerapan digitalisasi untuk proses pembayaran PBB yang berkolaborasi bersama PT. Bank Sumut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan, serta mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi strategi komunikasi tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Lasswell merumuskan sebuah elemen-elemen sederhana yang menjadi landasan untuk memahami komunikasi secara mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penetapan informan menggunakan purposive sampling. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan pengumpulan data, reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan Bapenda Kota Medan menggunakan komunikasi persuasif dengan bentuk menghimbau, sosialisasi dan edukasi dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak kepada wajib pajak kecil. Sedangkan Fokus penagihan diarahkan kepada wajib pajak bernilai besar, khususnya dari klasifikasi Buku 4 dan 5 serta korporasi besar, untuk mempercepat pencapaian target penerimaan menggunakan strategi dengan cara sidak dan memberi surat perintah pajak. Namun demikian, upaya peningkatan penerimaan PBB masih menghadapi hambatan seperti rendahnya pengetahuan tentang pajak setelah diadakan sosialisasi, dampak ekonomi pasca pandemi, serta keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Pajak en_US
dc.subject Pajak Bumi en_US
dc.subject Bangunan en_US
dc.subject Bapenda en_US
dc.title Strategi Komunikasi Badan Pendapatan Daerah Kota Medan Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Di Kota Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account