Research Repository

STRATEGI PENGGUNAAN VISUAL EFEK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK AUDIENS PADA KONTEN MISTERI NESSIE JUDGE DI PLATFORM YOUTUBE

Show simple item record

dc.contributor.author HARAHAP, AMEYLIA PUTRI
dc.date.accessioned 2025-05-15T02:28:04Z
dc.date.available 2025-05-15T02:28:04Z
dc.date.issued 2025-05-06
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27197
dc.description.abstract Penelitian ini menganalisis strategi penggunaan efek visual dalam konten misteri Nessie Judge di YouTube. Dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini berfokus pada elemen visual seperti warna, pencahayaan, komposisi, dan efek khusus untuk memahami bagaimana aspek-aspek tersebut digunakan dalam membangun atmosfer misterius. Penelitian ini menganalisis tiga video dari kanal YouTube Nessie Judge yang diunggah pada Oktober 2024, dengan masing-masing video berdurasi dua puluh hingga tiga puluh menit. Setiap video dianalisis menggunakan empat tangkapan layar, sehingga total terdapat enam belas tangkapan layar sebagai objek penelitian. Analisis penelitian ini didasarkan pada teori Estetika Media yang dikemukakan oleh Herbert Zettl, yang menjelaskan bagaimana elemen visual seperti warna, pencahayaan, dan komposisi berkontribusi dalam membangun suasana misteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan warna gelap, pencahayaan redup, serta efek visual seperti glitch dan distorsi berhasil menciptakan suasana yang mendukung tema misteri dalam video. Teknik framing dan transisi yang dinamis juga memberikan kesan dramatis yang memperkuat pengalaman menonton. Selain itu, kehadiran elemen tambahan seperti overlay teks, animasi, serta kombinasi antara ilustrasi dan visual efek memperjelas narasi dan membantu audiens memahami cerita dengan lebih baik. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Komunikasi Visual en_US
dc.subject Visual Efek en_US
dc.subject YouTube en_US
dc.title STRATEGI PENGGUNAAN VISUAL EFEK UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK AUDIENS PADA KONTEN MISTERI NESSIE JUDGE DI PLATFORM YOUTUBE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account