Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi antaretnis di SMAS
Gajah Mada medan, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam
mewujudkan komunikasi antaretnis yang efektif. SMAS Gajah Mada Medan
merupakan sekolah swasta yang terletak di Kota Medan dan dikenal dengan
keberagaman etnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup komunikasi
antaretnis dan toleransi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komunikasi antaretnis di SMAS Gajah Mada Medan ditandai
dengan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar utama, yang
menciptakan suasana inklusif di antara siswa dari berbagai latar belakang etnis.
Meskipun adanya hambatan seperti perbedaan bahasa dan stereotip negatif, siswa
berusaha untuk membangun interaksi yang positif dan saling menghargai.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan
pemahaman akan pentingnya komunikasi antaretnis dan toleransi di lingkungan
pendidikan.