DSpace Repository

Strategi Komunikasi Dalam Mendorong Pengembangan Usaha Bagi Perempuan Pada Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Serdang Bedagai

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Izmi Fadhilah
dc.date.accessioned 2025-05-14T11:21:07Z
dc.date.available 2025-05-14T11:21:07Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27185
dc.description.abstract Strategi Komunikasi memegang peran penting dalam mendukung pengembangan usaha bagi perempuan, Terutama dalam organisasi Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Serdang Bedagai. Penulis ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi yang di terapkan oleh IPEMI dalam mendorong pengembangan usaha, dengan menggunakan teori komunikasi Laswell sebagai kerangka analisis. Metode yang di gunakan oleh penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan data yang di kumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengurus IPEMI, sekretaris, dan Anggota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IPEMI telah memanfaatkan berbagai saluran komunikasi, seperti WhatsApp, media sosial, dan pertemuan langsung. untuk menyampaikan informasi dan membangun jejaring antar anggota. Strategi komunikasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan motivasi anggota dalam mengembangkan usaha mereka. Melalui pendekatan ini, IPEMI berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha anggotanya, serta mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan di daerah tersebut. Penerapan teori Laswell membantu dalam proses komunikasi, yaitu siapa (komunikator), apa (pesan), melalui saluran apa (media), kepada siapa (komunikan), dan dengan efek apa (dampak). Dengan demikian, penulis ini memberikan wawasan tentang pentingnya strategi komunikasi yang efektif dalam mendukung pengembangan usaha perempuan melalui organisasi seperti IPEMI. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Pengembangan Usaha en_US
dc.subject Perempuan Usaha en_US
dc.subject IPEMI en_US
dc.subject Kabupaten Serdang Bedagai en_US
dc.title Strategi Komunikasi Dalam Mendorong Pengembangan Usaha Bagi Perempuan Pada Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Serdang Bedagai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account