Abstract:
Retorika merupakan suatu seni dalam berbicara yang tidak hanya berfokus pada
kemampuan berbicara tetapi juga melibatkan metode dan strategi dalam
menyampaikan pesan yang bersifat rasional, empiris, dan umum sehingga mudah
untuk dipahami. Retorika dalam komunikasi dakwah memiliki pengaruh yang
sangat penting dalam proses penyampaian pesan dakwah secara presuasif dan
efektif. Gus Miftah merupakan seorang pendakwah yang dikenal dengan ciri khas
retorikanya yang unik, sehingga mampu mempengaruhi para audiens. Penelitian
ini berfokus untuk menganalisis retorika komunikasi yang diterapkan oleh Gus
Miftah dalam ceramahnya pada tayangan Dakwah Pedia Edisi Pengajian Akbar
Boyolali melalui platform YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu metode analisis retorika dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam peelitian ini dilakukan dengan cara menonton video
ceramah Gus Miftah melalui platform YouTube Dakwah Pedia edisi Pengajian
Akbar Boyolali. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teori retorika
Aristoteles yang berfokus pada ethos (kredibilitas), pathos (emosional), dan logos
(argumentasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan dakwah Gus
Miftah sangat dipengaruhi dengan adanya penerapan tiga unsur utama retorika,
yaitu ethos yang ditampilkan melalui kepribadianya dan gaya ceramahnya, pathos
digunkan melalui humor serta kisah-kisah inspiratif yang menggugah emosi, dan
logos berfokus pada penyampaian argumentasi yang logis serta mudah dipahami.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa retorika komunikasi yang
diterapkan Gus Miftah dalam ceramah melalui platform YouTube tidak hanya
bersifat infomatif, tetapi juga interaktif dan menghibur. Hal ini membuat pesan
dakwah dapat diterima lebih mudah oleh para audiens, terutama yng aktif dalam
media digital.